SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI 3 Jenis Penyakit Usus Yang Mengancam Kesehatan Anda

Agen Penjual Qnc Jelly Gamat Asli

Thursday 20 July 2017

3 Jenis Penyakit Usus Yang Mengancam Kesehatan Anda


1. KANKER USUS


Kanker usus atau kanker kolon adalah jenis penyakit usus berupa kanker yang menyerang usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan manusia. Sebagian besar kanker usus berasal dari tumor kecil dan non-kanker yang disebut polip adenomatosa yang terbentuk di dinding bagian dalam usus besar.

Sel kanker usus besar akan menyerang dan merusak jaringan yang berada di dekat tumor, sehingga menimbulkan banyak komplikasi. Setelah tumor ganas terbentuk, sel kanker dapat menjalar melalui sistem darah dan getah bening, lalu menyebar ke bagian tubuh yang lain. Sel kanker ini bisa tumbuh di beberapa tempat dan menyerang jaringan lainnya ke seluruh tubuh.

Sebagian besar kanker usus disebabkan oleh faktor usia, gaya hidup yang tidak sehat dan kelainan genetik yang mendasarinya. Beberapa faktor resiko lainnya meliputi diet, obesitas, merokok, dan kurangnya aktivitas fisik. Faktor resiko lainnya adalah penyakit radang usus yang meliputi penyakit Crohn dan kolitis ulserativa.

Berikut ini merupakan gejala penyakit kanker usus, antara lain:
  • Diare atau konstipasi
  • Tinja disertai darah 
  • Dari dubur keluar darah 
  • Nyeri atau kram pada perut
  • Nyeri saat BAB
  • Menyempit dan tersumbatnya bagian anus

2. USUS BUNTU


Jenis penyakit usus yang kedua yaitu usus buntu. Usus buntu adalah bagian usus normal yang memiliki bentuk seperti cacing sehingga disebut juga dengan umbai cacing. Nama usus buntu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan bahwa usus itu memang memiliki ujung yang buntu, tidak seperti usus lainnya yang ujungnya berlubang sampai anus.

Penyakit usus buntu terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, atau dalam istilah medis disebut Apendisitis. Ketika terjadi radang, usus buntu akan membengkak, penuh dengan nanah yang terdiri dari bakteri dan sel-sel mati sebagai akibat dari infeksi.

Penyebab penyakit usus buntu
Penyumbatan
Adanya sisa makanan atau kotoran yang mengendap di usus dan mengisi appendix(usus buntu. Sisa makanan yang dapat menjadi masalah pada usus buntu contohnya seperti jambu biji.

Infeksi
Usus buntu dapat disebabkan infeksi. Seperti infeksi virus gastrointestinal atau bakteri dan kuman escheria coli yang biasanya terdapat dalam kotoran manusia yang mengakibatkan infeksi sebagai penyebab penyakit usus buntu. Atau juga karena pembengkakan lainnya.

Gejala-gejala Penyakit Usus Buntu
Gejala utama pada penyakit usus buntu adalah sakit perut. Meski demikian, tidak semua jenis sakit perut akan berujung pada apendisitis. Sakit perut yang mengindikasikan penyakit ini biasanya berawal di perut bagian tengah. Pada awalnya, rasa sakit itu akan datang dan pergi. Beberapa jam kemudian, rasa sakit akan berpindah ke perut kanan bawah (tempat usus buntu berada) sebelum akhirnya bertambah parah dan terus menerus terasa sakit.
Rasa sakit juga akan bertambah parah ketika terjadi penekanan pada bagian perut tersebut. Begitu juga pada saat Anda batuk atau berjalan. Beberapa gejala lain yang dapat menyertai sakit perut itu antara lain:
  • Rasa nyeri dibagian perut yang terus menerus.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Perut kembung.
  • Mual dan muntah.
  • Konstipasi atau diare.
  • Demam.

3. RADANG USUS


Penyakit radang usus adalah jenis penyakit usus dimana usus mengalami peradangan. Kondisi ini muncul karena reaksi keliru dari sistem kekebalan tubuh terhadap jaringan pencernaan yang normal dan sehat. Seiring waktu, peradangan pada lapisan usus menyebabkan luka. Dinding usus kemudian kehilangan kemampuan untuk mengolah makanan, limbah, dan menyerap air, sehingga menyebabkan diare. Luka kecil berkembang di usus lalu menyebabkan sakit perut dan darah dalam tinja Anda. Hal ini dapat mempengaruhi bagian lain dari tubuh, seperti mata, kulit dan sendi.

Hingga kini, radang usus belum diketahui penyebab dasarnya. Pola makan dan tingkat stres seseorang bisa meningkatkan risiko seseorang menderita radang usus, tapi keduanya bukanlah menjadi penyebab utama. Yang diketahui  adalah malafungsi sistem kekebalan tubuh menyebabkan peradangan.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari berbagai sel dan protein . Biasanya, sistem kekebalan melindungi tubuh dari infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Setelah infeksi dibereskan, sistem kekebalan tubuh akan berhenti.

Ciri atau gejala penyakit radang usus antara lain:
  • Nyeri atau sakit pada bagian perut.
  • Nafsu makan berkurang.
  • Penurunan berat badan.
  • Diare bercampur darah.
  • Merasa mudah lelah.
  • Mengalami mual dan demam.

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG
SEMOGA BERMANFAAT










3 Jenis Penyakit Usus Yang Mengancam Kesehatan Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SASHA HERBAL

0 comments:

Post a Comment