SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI 12 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

Agen Penjual Qnc Jelly Gamat Asli

Monday 22 May 2017

12 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung


Asam lambung merupakan gangguan penyakit pada lambung yang disebabkan oleh naiknya cairan asam lambung. Gejala awal yang dirasakan bagi penderita penyakit asam lambung biasanya ditandai dengan rasa sakit atau nyeri pada bagian dada, uluh hati maupun lambung, disertai dengan rasa asam atau pahit pada mulut.

Banyak faktor yang dapat memicu naiknya asam lambung dalam tubuh salah satunya yaitu faktor makanan tertentu. Beberapa makanan yang mengandung asam dan pedas diketahui dapat memicu naiknya asam lambung.

Banyak penderita asam lambung yang tidak mengetahui secara pasti makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsinya. Tahu-tahu setelah memakan makanan itu perutnya terasa melilit dan diremas-remas. Maka dari itu, anda perlu memperhatikan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari dan menjadi pantangan makanan bagi penderita penyakit asam lambung.

12 Makanan Yang Pantang Dikonsumsi Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung

MAKANAN PEDAS


Makanan pedas seperti saus atau sambal dapat langsung mengiritasi lapisan esofagus dan menyebabkan nyeri pada uluh hati. Anda dapat mengganti cabai dengan bahan yang lebih tidak pedas, seperti merica, atau mengganti saus cabai yang terlalu pedas dengan saus tomat. 

MAKANAN BERLEMAK


Makanan berlemak dapat memperlambat proses pencernaan sehingga membuat perut buncit dan terjadi peningkatan tekanan yang membuat perut mulas. Avocad, kacang, keju, ataupun daging iga adalah contoh makanan berlemak yang perlu dikurangi. Hindari mengkonsumsi keripik kentang, kue-kue kering yang mengandung butter dengan kadar lemak tinggi, brownies, donat, gorengan, dan daging berlemak. 

MAKANAN YANG MENGANDUNG BANYAK GAS


Makanan yang mengandung banyak gas akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik. Brokoli, kubis, kecambah, susu, dan kacang-kacangan adalah makanan yang menimbulkan banyak gas sehingga memicu perut kembung. Bahan-bahan makanan ini juga dapat beresiko menyebabkan naiknya asam lambung bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

MAKANAN ASAM


Makanan asam  seperti cuka, asinan, dan acar mengandung acid reflux yang bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit maag. Kadar keasaman dengan batas tertentu tidak bisa ditoleransi oleh lambung akibatnya lambung akan semakin banyak cairannya setelah mengkonsumsi makanan asam.

MINUMAN BERALKOHOL


Minuman beralkohol beresiko melemaskan otot stingfer esofagus sehingga asam lambung dapat naik. Terlebih minuman yang sering menjadi penutup makanan utama seperti wine, bir, koktail, beresiko memicu naiknya asam lambung.

MINUMAN BERSODA


Selain minuman beralkohol minuman bersoda juga dapat menyebabkan perut buncit sehingga meningkatkan tekanan pada otot sfingter kerongkongan dan menaikkan asam lambung.  

KAFEIN


Sebagian orang merasakan asam lambungnya naik tiap kali mengkonsumsi kopi atau teh. Sementara itu, sebagian orang lain hanya merasakan tidaknyaman ketika mengkonsumsi minuman-minuman ini dalam jumlah banyak. Kandungan kafein di dalam kopi dipercaya bisa membuat asam lambung menjadi naik. Setelah mengkonsumsi kopi, penderita asam lambung akan merasakan rasa perih pada lambungnya.

 BUAH DAN SAYUR YANG BERSIFAT ASAM

Jeruk, lemon, ataupun anggur adalah contoh buah-buahan yang bersifat asam dan dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Begitu juga dengan tomat dan salad yang ditambahi cuka. Buah-buahan dan sayur-sayuran asam ini menjadi pantangan asam lambung, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.

PEPPERMINT


Peppermint memang baik untuk dikonsumsi setelah makan untuk mengurangi bau nafas yang tidak sedap, tetapi produk ini beresiko memicu naiknya asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan karena efeknya dapat melemaskan otot sfingter antara perut dan kerongkongan.

 COKELAT


Sama halnya dengan peppermint, cokelat beresiko melemaskan otot sfingter dan melepaskan asam lambung ke kerongkongan. Kandungan lemak adalah alasan lain bahwa cokelat dapat menyebabkan asam lambung naik. Lemak dapat memperlambat pengosongan perut, yang menyebabkan isi perut untuk kembali ke kerongkongan dan mencerna makanan berlemak tinggi yang bisa menyebabkan perut memproduksi asam lebih banyak.

BAWANG PUTIH DAN BAWANG MERAH


Seorang nutrisionis menyebukan bahwa beberapa pengidap gangguan asam lambung dapat merasa tidak nyaman saat mengoknsumsi bawang putih atau bawang merah. Mengkonsumsi bawang dapat meningkatkan jumlah waktu perut memiliki pH kurang dari empat (rendah pH, semakin tinggi keasaman) dan memperburuk mulas dan bersendawa.

MAKANAN KERAS DAN SULIT DICERNA

 Berbagai makanan yang memiliki tekstur keras tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal itu dikarenakan makanan tersebut bisa melukai lambung dan membuat asam lambung naik. Bisa Anda bayangkan, lambung yang telah luka jika diisi dengan makanan kasar itu bisa menyentuh luka lambung dan menimbulkan rasa sakit. 
Berikut ini daftar makanan tekstur keras yang tidak boleh dikonsumsi :
  • Penderita lambung yang sedang kambuh tidak boleh memakan nasi. Nasi yang telah dihaluskan seperti bubur baru boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung.
  • Talas memiliki tekstur kasar dan memiliki banyak serat. Sehingga akan menghambat kerja lambung.
  • Meski dodol tekstrunya halus namun sifat alotnya membuat dodol tidak bisa dicerna oleh lambung secara cepat.
  • Beras ketan tidak boleh dikonsumsi karena beras ini membuat lambung tidak bisa mencernanya. Penderita lambung yang makan beras ketan akan membuat dirinya merasakan perih pada lambungnya.

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG SEMOGA ARTIKELNYA BERMANFAAT  

Baca juga

 




12 Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Asam Lambung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SASHA HERBAL

3 comments:

  1. ورق الحائط Wallpaper ورق للزينة يستخدم لتغطية الجدران الداخلية. ويتكون من مواد وأقمشة خشنة، وألياف صناعية، ولدائن، ورقائق من الخشب. ويلصق ورق الحائط باستخدام عجينة إلصاق تطلى من الجهة الملاصقة للجدار وتساعد على التحامهما. ويصنع ورق الحائط ويباع على هيئة صفحات كبيرة ملفوفة بطول 10م وعرض 52سم
    فى مؤسسة الزهراني لدينا افضل متخصصون فى تركيب ورق الحائط وتشمل خدماتنا:
    افضل ورق جدران في جده
    دهانات ورق جدران جدة
    ورق جدران كوري جدةمقاول دهانات جده
    ورق جدران ايطالي بجده
    معلم دهانات في جده
    رقم شركة دهانات جوتن جده
    ورق جدران للحمامات في جده
    معلم دهانات ورق جدران جده
    ارخص اسعار ورق الجدران
    ارخص دهانات في جدة

    عروض ورق جدران مميزة
    دهانات ماجك في جدة
    افضل محل لبيع ورق الجدران في مكه
    ورق جدران جدة
    ورق جدران ثلاثي الابعاد في جدة
    محلات ورق جدران ثلاثي الابعاد في جدة
    اتصل بنا على
    ت/0507057025 – 0533959098


    موقعنا الرسمي
    http://zahrani.shibam.org
    اليك بالصور عدد من التصاميم المختلفة لورق الحائط ذات تأثيرات مختلفة على الغرف.

    ReplyDelete