SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI Cara Mengatasi Maag Saat Puasa

Agen Penjual Qnc Jelly Gamat Asli

Monday 29 May 2017

Cara Mengatasi Maag Saat Puasa

Bagaimana cara mengatasi maag yang kambuh saat menjalankan ibadah puasa?

Berpuasa bisa menjadi tantangan tersendiri untuk Anda yang memiliki kondisi medis tertentu, salah satunya jika Anda memiliki maag. Sakit maag adalah istilah yang menggambarkan nyeri yang berasal dari lambung, usus halus, atau bahkan kerongkongan akibat sejumlah kondisi. Untuk itu kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi maag saat puasa.

Puasa menyebabkan pola makan berubah, dari yang awalnya tiga kali sehari menjadi dua kali sehari. Perubahan pola makan ini menyebabkan terjadinya perubahan fisiologis tubuh, seperti penurunan berat badan pada minggu awal berpuasa, dan peningkatan asam lambung saat perut kosong, terutama di siang hari. Asam lambung yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan di lambung yang disebut dengan maag atau dispepsia. Gejala maag yang bisa timbul antara lain nyeri di ulu hati, mual, muntah, kembung, dan lainnya.

Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan bagi penderita maag agar dapat menjalani ibadah puasa dengan nyaman:
    1.Usahakan Selalu Sahur
Untuk Anda yang memiliki maag, sebaiknya selalu usahakan sahur setiap akan puasa, jangan biasakan puasa tanpa sahur. Mungkin Anda bisa satu atau dua kali tidak sahur karena berbagai alasan. Namun, jika hal ini berlangsung terus-menerus, Anda meningkatkan resiko mengalami maag saat puasa.

Maag Anda bisa kambuh di jam-jam puasa terutama saat siang hari dari pukul 10 pagi hingga pukul 12 siang. Usahakan pada saat sahur, Anda harus menghindari makanan yang berisiko meningkatkan maag Anda kambuh.
  
    2. Berbuka Tepat Waktu Dengan Porsi Yang Wajar

Kesibukan Anda dalam bekerja ataupun kemacetan parah saat Anda menuju pulang, terkadang menjadi alasan untuk menunda buka puasa. Berbuka puasa tepat waktu sangat penting untuk mencegah maag Anda kambuh, jangan membiasakan menunda-nunda waktu berbuka puasa.

Berbukalah dengan porsi yang wajar, ikuti sunah rosul makanlah makanan ringan yang manis terlebih dahulu untuk membuat lambung tidak kaget. Kemudian jika lambung sudah beradaptasi mulailah makan dengan makanan yang berat.

     3. Memilih Makanan Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Memilih makanan menjadi faktor kunci dalam mencegah penyakit maag kambuh kembali ketika puasa ramadhan. Pastikan saat sahur dan berbuka, Anda mengoknsumsi makanan yang kaya akan serat. Makanan yang kaya akan serat biasanya mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini membutuhkan waktu yang lambat untuk diserap ke dalam sistem tubuh.

Makanan kaya serat ini dapat memperlambat pengosongan lambung. Mengapa hal ini penting? Karena jika lambung penderita maag kosong, asam lambung Anda dapat mengiritasi dinding lambung dan mengakibatkan rasa perih. Hal ini dapat meningkatkan resiko maag kambuh saat puasa.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memlih makanan saat berpuasa :
  • Konsumsi karbohidrat atau makanan yang lambat dicerna saat sahur, agar Anda tidak mudah lapar dan lemas di siang hari.
  • Makanan yang dipanggang lebih disarankan dibandingkan makanan yang digoreng dan berlemak.
  • Makan dalam porsi sedikit namun sering.
  • Makanlah mendekati imsak saat sahur, dan segera berbuka saat magrib
  • Kurma merupakan sumber yang bagus untuk karbohidrat, serat, kalium dan magnesium.
  • Makan makanan yang kaya gizi, vitamin, dan bernutrisi seperti alpukat, pisang, sayuran berdaun hijau, kacang almon,dsb.
  • Perbanyak minum air putih.
    4. Menghindari Makanan Yang Memciu Maag

Hindari makanan berlemak, karena makanan yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung.
Berikut ini merupakan beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag antara lain:
  • Hindari makanan yang dapat meningkatkan asam lambung seperti cokelat, makanan berlemak atau gorengan, dan buah-buahan yang mengandung asam seperti jeruk, lemon, tomat dan lainnya.
  • Hindari makanan yang dapat merusak dinding lambung seperti cuka, merica, makanan pedas, dan bumbu yang merangsang.
  • Jangan langsung tidur setelah makan sahur atau makan malam, karena hal ini dapat meningkatkan risiko asam lambung naik atau GERD.
  • Jangan langsung makan dalam porsi besar saat berbuka atau sahur, dan jangan menunda berbuka.
  • Hindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda dan minuman energi.
  • Hindari stress, beberapa penelitian menyatakan bahwa stress dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. 
  • Hindari minuman yang mengandung alkohol dan berhenti merokok.
     5. Minum Suplemen Untuk Kesehatan Lambung

Ini menjadi pelengkap untuk tips di atas, dengan mengkonsumsi suplemen untuk lambung anda dapat terhindar dari sakit maag yang kambuh saat berpuasa. Suplemen untuk lambung yang aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping tentunya menjadi pilihan utama, salah satunya yaitu Qnc Jelly Gamat. Produk herbal yang terbuat dari ekstrak teripang ini berkhasiat mengobati maag, radang lambung dan menurunkan asam lambung secara efektif.

Bentuk : Cairan setengah padat
Komposisi : Ekstrak Gamat, Air Ro, Sweetenerstevia, Pengemulsi Nabati, Essen Natural, Ekstrak sayur dan buah
Kemasan  : Dus botol isi 300 ml
Legalitas : DEPKES P-IRT No.109321601291-1229
Produk : Obat Tradisional



ATURAN MINUM
Bayi 0-5 tahun : 1 sendok teh diminum 2 x sehari sesudah makan.
Anak-anak      : 1-2 sendok makan diminum 2 x sehari sesudah makan.
Dewasa          : 3-4 sendok makan diminum 3 x sehari sesudah makan.


Baca juga
Cara Pemesanan Qnc Jelly Gamat
Khasiat Qnc Jelly Gamat
Obat Penyakit Asam Lambung
Cara Menyembuhkan Sakit Maag Kronis

Itulah beberapa tips sehat agar senantiasa tetap fit dan prima saat menjalankan ibadah puasa meski memiliki riwayat sakit maag. Justru momentum ibadah puasa sebulan ini bisa dijadikan sarana terapi makan teratur dan segera bebas dari masalah pencernaan, perut mules dan sakit maag juga tentunya.

Namun, jika anda ragu untuk menjalankan puasa dikarenakan maag kambuh, maka ada baiknya meluangkan waktu terlebih dahulu untuk berkonsultasi pada dokter spesialis terdekat.

TERIMAKASIH TELAH BERKUNJUNG DI BLOG KAMI
SEMOGA BERMANFAAT



Cara Mengatasi Maag Saat Puasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SASHA HERBAL

0 comments:

Post a Comment